CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Silakan Comment...Plizz....


ShoutMix chat widget

Rabu, 05 November 2008

Mitsubishi New Lancer

Mewah dan Dinamis
Mitsubishi New Lancer tergolong sedan kelas menengah yang saling berkompetisi secara ketat. New Lancer tampil sebagai karya untuk mempertegas kelas sedan kompak dengan kombinasi anatara kemewahan baru dan penampilan dinamis. Desainnya tidak jauh berbeda dengan pendahulu yang terkesan dinamis namun tetap sporti.


Desain dan rancang bangun
Perubahan paling banyak terlihat di sektor eksterior, terutama pada model bonnet. Desiannya kini menonjolkan sisi sporti relatif yang tampak agresif. Tampilan New Lancer kini tampak lebih dinamis dibanding model terdahulu. Tarikan garis bodi mengkombinasikan model lancip pada bagian depan dan diteruskan dengan bentuk membulat di balakang. Desain rumah lampu kelihatan menyudut. rumah lampu keluhatan tampak bening dengan dua buah reflector yang berujung pada lampu sein. Bentuk bemper depan tampak selaras dengan gril dan kap mesinnya yang memiliki bentuk sedikit menyembul dengan garis di bagian tengah seolah membelah kap mesin. Lingkar roda 15 inchi memepertegas penampilan sporti CBU asal Thailand ini dengan desain palang enam.
Sisi teknologi sama sekali tanpa perubahan. Beberapa teknologi lama tetap dipertahankan oleh Mitsubishi. Misalnya penggunaan mesin yang masih mengandalkan tipe 4G93 yang tercatat sudah digunakan Lancer sejak 10 tahun lalu.
Interior Berbeda dengan sisi eksterior, nuansa elegan terpancar dari ruang interior . Keseluruhan ruang didominasi oleh aksen kayu dan warna hitam pada dasbor. Lapisan jok menggunakan bahan fabric yang cukup lambut mendekap para penumpang. Yang perlu diberi perhatian ekstra adalah sektor perawatan jok dan bagian interior lainnya, terutama bila anda memiliki anak kecil. Pasalnya dengan bahan dan warna tersebut akan terlihat cepat kusam bila anda mengabaikan perawatan. Bila terkena noda, sebaiknya segera bersihkan agar tidak meninggalkan bekas yang tidak sedap dipandang mata. Selain itu, kekurangan dari penggunaan warna bright beige kadang mengganggu saat berkendara, terutama pada siang hari karena kerap menyilapkan mata.
Siapa yang pengemudiannya pasti akan langsung akrab mengoperasikan panel instrument yang tata letaknya apik, sederhana serta fungsional. Pada bagian tengah dasbor, praktis tak ada perangkat yang istimewa. Desain panel meter tampak sederhana dengan system analog dan mudah untuk memantaunya. Pada bagian tengah jok depan terdapat konsol boks denga dua tingkat. Keberadaannya memiliki keuntungan dalam utilitas, sebagai tampat penyimapanan barang dan arm rest. namun Karena varian ini memiliki transmisi manual, maka keberadaannya kadang mengganggu bagian siku tangan ketika handak mengoperasikan tuas persnelling.
Ruang interior secara keseluruhan terbilang cukup lapang untuk diisi lima penumpang. Posisi ruang kaki terbilang cukup lapang untuk diisi orang dewasa. Pada jok belakang bagian tengah, sandarannya agak sedikit kurang nyaman. Hal ini disebabkan terganjal lipatan konsol boks belakang. layaknya sebuah medium sedan, kenyamanan pada mobil ini terbantu dengan adanya peredaman suara pada ruang interior yang tergolong baik.

Mesin dan mekanikal
Mesin 4G93 1.800 cc masih dipercaya Mitsubishi untuk Lancer . Dari segi usia mungkin banyak yang beranggapan bahwa sudah ketinggalan zaman. Pasalnya, mesin sudah digunakan lancer pada dekade ’90-an dan praktis tanpa perubahan. Namun di sisi lain, ketangguhan sudah teruji seiring dengan
berjalannya waktu. Pada varian GLXi yang menggunakan transmisi manual 5 kecepatan, penggunaan mesin 1.800 cc merupakan sebuah perubahan bila dibandingkan dengan versi sebelumnya yang hanya menggunakan mesin 1.600 cc bertipe 4G18.
Selama mobil motor melakukan uji coba performa mesin yang memiliki tenaga 124 tk dan ledakan torsi sebesar 160 Nm terbilang cukup baik. Terbukti saat pengujian akselerasi 0-402 meter, New Lancer GLXi mampu memperoleh catatan waktu 17,8 detik dan untuk menggapai kecepatan 100km/jam ditempuh dalam 10,9 detik. Top speed 205 km/jam mampu ditembus. Menurut data yang dimiliki Mobil Motor hasil yang diraih para competitor dikelasnya termasuk dengan sang market leader Toyota New Altis bermesin VVT-i dimana terpaut 1 detik lebih lambat.
Yang menjadi kekurangan dari mesin 4G93 ini adalah tarikan mesin pada low end atau putaran bawah tidak sebaik pada high end. Tarikannya terasa agak berat sehingga kurang gesit ketika diajak manuver jarak pendek atau saat di jalanan padat. Catatan lainnya selama uji coba, konsumsi bahan bakar rata-rata adalah 1 liter / 8 km. Kinerja pengereman nya tergolong baik, meski tidak dilengkapi ABS serta EBD. sayangnya gejala kurang baik timbul dari ban bridgestone Potenza RE88. Pada saat pengeremannya, daya cengkeram ban terasa kurang baik, mobil sedikit tergelincir.
Pengendaraan Secara keseluruhan stabilitas dari New Lancer GLXi tergolong baik. Hali ini dibuktikan ketika mobilmotor melakukan pengujian pada berbagai karakter pengandaraan. Di jalan tol dalam kota yang kala itu terbilang tidak begitu ramai, mobil itu mantap ketika diajak bermanuver melewati kendaraan dengan kecepatan rata-rata 150 km/jam. Gejala negative pengendaraan, seperti body roll nyaris tak terjadi. Hal tersebut dikarenakan karakteristik suspensi medium memang menjadi sebuah kompromi. Kendaraan tepat digunakan untuk jalanan di Indonesia yang meiliki kondisi beragam. Artinya, mantap untuk akselerasi di jalan rata dan cukup nyaman untuk jalan keriting.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wew....
bloge ak diwei komen owk